Friday, August 10, 2012

Vitamin Bikin Puasa Fit


Foto: Getty Images

Ingin daya tahan tubuh kuat agar tak mudah sakit selama menjalankan puasa? Lengkapi saja nutrisi komplet dengan multivitamin.

Saat menjalankan ibadah puasa, jadwal makan yang biasanya bisa dilakukan kapan saja menjadi teratur. Yaitu saat sahur di dini hari dan saat buka puasa setelah azan Magrib berkumandang. Artinya, kita tidak bisa lagi setiap saat meminum air putih, menyantap makan siang, atau memakan camilan di sore hari.

Meski demikian, puasa juga menyehatkan karena jadwal makan lebih teratur sehingga metabolisme tubuh berjalan lancar. Syaratnya, tubuh harus mendapatkan asupan bernutrisi komplet yang memenuhi kebutuhan selama berpuasa. Sajian tersebut harus mengandung protein dan serat agar tubuh tidak lemas. Asupan cairan juga perlu dicukupi supaya tubuh tidak dehidrasi.

Selain asupan berupa makanan dan minuman, jangan lupakan vitamin. Meski dibutuhkan dalam jumlah kecil, vitamin juga disarankan untuk dikonsumsi selama berpuasa. Pasalnya, vitamin membantu metabolisme sel, pertumbuhan, dan memelihara kesehatan.

Beberapa vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh adalah vitamin C dan vitamin B. Vitamin C, misalnya, penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Pertama, karena vitamin C membentuk kolagen yang merupakan komponen penting pada pembuluh darah dan jaringan lainnya. Kedua, karena vitamin C membantu menjaga sistem kardiovaskular sehingga menjadi sumber antioksidan yang bagus.

Setiap harinya, orang dewasa membutuhkan 60 mg vitamin C. Namun, jika vitamin C digunakan untuk menjaga daya tahan tubuh dan sumber antioksidan, asupan yang dibutuhkan lebih besar yaitu 500 – 1000 mg/hari.

Lain lagi dengan vitamin B kompleks yang di antaranya terdiri dari vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin B12, dan asam pantotenat. Vitamin B1, misalnya, berperan membantu mencegah beri-beri, membantu metabolisme karbohidrat, dan membantu sistem syaraf agar bekerja dengan sehat.

Sementara asam pantotenat membantu oksidasi lemak, karbohidrat, dan beberapa jenis asam amino. Intinya, vitamin B kompleks akan membantu proses metabolisme karbohidrat, lemak, maupun protein dalam pembentukan energi.

Dua vitamin penting ini memang tidak bisa dibentuk di dalam tubuh. Tapi, bukan berarti Anda tak bisa meraup manfaatnya sebab sekarang sudah tersedia dalam bentuk suplemen. Jadi, tunggu apa lagi? Agar ibadah puasa berjalan sempurna dan aktivitas tak terhambat, jangan lupa mengonsumsi suplemen multivitamin saat sahur dan saat berbuka puasa.

 Astrid Isnawati

Sumber : http://www.tabloidnova.com/Nova/Kesehatan/Umum/Vitamin-Bikin-Puasa-Fit


ARTIKEL LAINYA :

No comments:

Post a Comment