Monday, January 16, 2012

Info gratis tentang perawatan sepeda motor

Hati-Hati Pilih Ban Dalam
Thursday, June 14, 2007
Ditulis oleh Ardian Hermanto


Paling kesal kalau lagi enak jalan-jalan, tiba-tiba ban dalam motor
kempes atau pecah, mau nggak mau harus dorong ke tukang tambal ban.
Tapi jangan sembarangan pilih ban dalam. Salah pilih jenis ban dalam
bisa rugi, sebentar aja dipake nanti kempes lagi, dorong lagi, cape
deh.
Ternyata ada dua jenis loh ban dalam sepeda motor itu, yaitu :

1. NR (Natural Rubber)
2. Butyl
Butyl bahannya dari senyawa polimer. Bahan ini punya kelebihan dalam
penyimpanan angin. Butyl kehilangan 4% tekanan angin selama 12 hari
pemakaian, sedangkan NR lebih dari 14%. Kalau untuk pemakaian 28 hari,
butyl kehilangan cuma 9%, sedangkan NR 28%.
Ban dalam butyl bahannya lebih ringan 20% dibandingkan NR. Jadi kerja
motor lebih ringan, tarikan lebih enteng, bensin lebih irit.
Penerimaan tekanan angin butyl lebih merata dibandingakn NR. Hal ini
disebabkan bahan dasar natural ruber ngggak bisa berubah/kaku. Jadi
kalau ada bagian ban NR yang lebih tipis permukaannya, maka angin yang
tersebar tidak merata, kalau butyl tetap merata. Kalau lagi apes
bagian yang nggak merata ini kena paku, bisa-bisa langsung meledak,
bahaya kan ? Kalau butyl nggak bakalan meledak, anginnya keluar
pelan-pelan, soalnya merata pembagian tekanan anginnya.
Cara memilih ban dalam butyl : lihat garis pada sisi ban, standard
internasionalnya ban butyl bergaris biru, kalau selain warna biru
berarti NR. Gampang kan ?
Makanya kalau mau ganti ban, jangan salah pilih, sekarang ini banyak
ban murah yang kualitasnya nggak jelas, terkadang kita terpaksa beli
karena di bengkel tersebut cuma ada ban jenis itu, daripada kita harus
dorong jauh nyari lagi tukang tambal ban. Kalau bisa sediakan aja ban
dalam di bagasi, nggak makan tempat kok. Sediakan ban dalam belakang
aja, biasanya roda/ban belakang lebih sering kena paku. Lebih bagus
lagi sih sediakan dua-duanya. Atau biar gampang samain aja ukuran ban
depan dan belakang.
Selamat memilih ban dalam, semoga tulisan ini dapat membantu bikers.
OK brothers ?

No comments:

Post a Comment